4 Desember 2011

Manfaat Air Beras



Air sisa cucian beras atau air tajin rupanya biasa digunakan untuk menyiram tanaman yang ternyata memiliki manfaat menyuburkan dan merangsang pertumbuhan tanaman. Tapi ternyata ada manfaat lain dari air cucian beras.

Rice water for healthy skin

Masker Air Cucian Beras
Ingin wajah terlihat bersih dan kencang? Cobalah air cucian beras. Pertama-tama endapkan semalam air cucian beras yang pertama kali dalam kulkas. Setelah itu endapannya bisa anda gunakan untuk masker wajah sebelum tidur. Oleskan pada wajah dengan kuas, diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas sampai bersih dengan wash lap dan air hangat. Niscaya wajah akan terasa bersih dan kencang.

Dimasa lalu ibu atau nenek kita berusaha meredakan gatal-gatal pada kulit dengan menggunakan tepung beras. Bahkan air bekas cucian beras suka digunakan mereka untuk membasuh muka. Seiring dengan perkembangan teknologi, beras juga mulai merambah ke dunia kecantikan. Ada beragam pilihan, mulai dari beras putih, merah dan hitam. Apa Rahasianya…?? Tepung beras mengandung tingkat pH yang relatif netral. Tak hanya beras putih, beberapa produsen kosmetik mulai manggunakan beras merah dan hitam sebagai salah satu bahan dasar dalam proses pembuatan produk perawatan wajah.

Beras hitam diyakini mengandung protein yang di sebut peptida, berfungsi sebagai antioksidan yang mampu membantu menyamarkan kerutan halus pada wajah. Sementara beras merah bisa membantu mengimbangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Dan yang terakhir adalah gabah kering pada beras putih (bekatul) mengandung asam ferulat, berfungsi sebagai antioksidan. Melindungi kulit dari berbagai jenis macam polutan, peroksida, dan radikal bebas. Maka tak heran bila beberapa kelompok masyarakat suka merendam beras untuk beberapa saat, kemudian air rendamannya sebagai ramuan untuk menghaluskan wajah dan membantu mencerahkan warna kulit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar